Live Suport

    Live Suport CPD

  ilhampatu

  We Accept Payment

payable.gif

 

 
Menyusui Tidak Ada Hubungannya dengan Kecerdasan Otak PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 21 January 2010
London – Ini temuan yang menghancurkan mitos bahwa ibu menyusui membuat anak-anak lebih pintar. Namun, justru lingkungan keluarga dan stimulasi bayi adalah kunci untuk kecerdasan yang baik.
Hal ini dipaparkan ilmuwan University of Southampton. Para peneliti mengikuti anak-anak sejak lahir sampai empat tahun untuk menyelidiki hubungan antara menyusui dengan penggunaan susu formula yang mengandung asam docosahexaenoic (DHA) pada masa bayi, dan kinerjanya dalam tes kecerdasan.

Para peneliti menemukan bahwa setelah mereka memperhitungkan pengaruh kecerdasan ibu dan tingkat pendidikan ternyata tidak ditemukan hubungan antara perkiraan total asupan DHA pada masa bayi dan IQ anak-anak. 

Dr Catharine Gale, yang memimpin studi, mengatakan: "Studi ini membantu menghilangkan beberapa mitos seputar DHA. Kita tahu bahwa ada manfaat kesehatan yang jelas untuk menyusui, tapi DHA yang secara alami terdapat dalam ASI dan ditambahkan ke dalam beberapa rumus, bukan bahan rahasia yang akan mengubah anak anda menjadi seorang Einstein.” 

"IQ anak tidak ada hubungannya dengan tingkat DHA yang mereka terima sewaktu bayi. Faktor-faktor di rumah, seperti kecerdasan dan kualitas ibu untuk menstimulasi mental anak-anak, adalah pengaruh yang paling penting untuk IQ mereka." 

Asam lemak Omega-3, terutama DHA, yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di otak dan terakumulasi selama lonjakan pertumbuhan otak, yang terjadi antara trimester terakhir kehamilan dan tahun pertama kehidupan. 

Meskipun penelitian ini telah menunjukkan IQ anak tidak dipengaruhi oleh DHA, studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa kurangnya DHA selama periode pertumbuhan otak yang cepat dapat menyebabkan masalah dalam perkembangan otak. 

Para Peneliti menggunakan data dari survei perempuan Southampton di sekolah kedokteran, yang mempunyai proyek terbesar mempelajari kesehatan dan gaya hidup perempuan yang dilakukan di Inggris. The Medical Research Council dan Badan Standar Makanan mendanai penelitian.

 
PA| TEMPO Interaktif
 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Event Calender

September 2010

SunMonTueWedThuFriSat
01020304
05060708091011
12131415161718
19202122232425
2627282930

Majalah Dokter Indonesia

Sembilan Langkah Cegah Keguguran

KEGUGURAN umumnya disebabkan oleh ketidaknormalan kromosom (genetik) serta faktor fisik lain di luar kontrol manusia. Akan tetapi, keguguran bisa juga dipicu oleh faktor-faktor yang sebenarnya...
Selengkapnya

Artikel Lainya